Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

Excellence with Morality

__Sertifikasi dan Prestasi__

    Standart ISO 9001:2008 Kepada Universitas Airlangga oleh British Certification International

_Berbagi tak pernah Rugi_

    Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

    ____Hakikat Manusia____

    .: Barang siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal TuhanNya. Seperti bahasan kita yaitu Awwal- uddin Ma'rifatullah adalah... :. more

    ∞ Akun Facebook & Twitter Kami ∞

..:: Selamat Buat para Pemenang lomba web & blog Mahasiswa Universitas Airlangga Tahun 2015; 1.Mei Budi Utami [FST'12] | 2.Mita Erna Wati [FK'12] | 3.Teguh Bagus Pribadi [FKH'12] | 4.M. Roihan Hanafi [FISIP'12] | 5.Ari Zulaicha [FISIP'12] | 6. Muziburrahman [FPK'14] | => Terimakasih atas kunjungan Anda, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya, by : Teguh Bagus Pribadi, http://teguhbaguspribadi-fkh12.web.unair.ac.id, dan Blog ini DIPERBAHARUI sebulan 4x karena kesibukan Perkuliahan ::..

Inti Ajaran dan Puncak Makrifat

diposting oleh teguhbaguspribadi-fkh12 pada 12 September 2014
di Belajar Ilmu Tasawuf - 6 komentar

Dalam Wirid Hidayat Jati, makrifat yang di diajarkan adalah wejangan yang berasal dari delapan wali dari tanah Jawa, yang sudah dikumpulkan menjadi satu. Isinya bersumber dari intisari firman Allah SWT yang dijelaskan dalan hadis Nabi Muhammad SAW kepada Sayyidina Ali r.a melalui telinga kirinya.

Dzat dan Rumah Tuhan

Ajaran pertama tentang Dzat dan singgasana Tuhan. Ajaran tersebut terbagi menjadi delapan bagian, yaitu sebagai berikut :

 

1. Adanya Dzat

 

  Sesungguhnya tidak ada apa-apa, karena pada waktu masih keadaan kosong, belum ada sesuatupun. Yang ada hanyalah Aku. Tidak ada Tuhan selain Aku. Akulah hakikat Dzat yang Maha Suci, yang meliputi sifat-Ku, yang menyertai Nama-Ku, dan yang menandai perbuatan-perbuatan-Ku.

 

2. Kejadian Dzat

 

  Sesungguhnya, Aku adalah Dzat yang Maha Kuasa, yang berkuasa menciptakan segala sesuatu. Terjadi dalam seketika, sempurna dari Kodrat-Ku. Pertama kali yang Aku ciptakan adalah sebuah pohon bernama Sajaratul Yakin (pohon kehidupan). Pohon itu tumbuh dialam Adam Makdum (kosong hampa) yang azali dan abadi. Setelah itu Aku ciptakan Cahaya Bernama Nur Muhammad (cahaya yang terpuji), kemudian cermin bernama Mir’atul Haya’i (kaca wira’i), nyawa yang disebut Roh Idhafi (nyawa yang jernih), pelita yang bernama Kandil (lampu tanpa api), pemata yang bernama Dzarrah (permata), dan Jalal (keperkasaan) yang disebut Hijab (dinding jalal atau penutup), yang menjadi sekat bagi penampakan-Ku.

 

3. Uraian Tentang Dzat

 

  Sebenarnya manusia itu adalah Rahsa-Ku dan Aku ini adalah rahsa manusia karena Aku menciptakan Adam dari empat unsur yaitu : tanah, air, api, dan udara. Keempat unsur itu adalah perwujudan dan Sifat-Ku. Kemudian Aku masukkan kedalam tubuh Adam lima macam mudzarrah, yaitu : nur, rahsa, ruh, nafsu, dan budi yang merupakan diding yang menghalangi Wajah-Ku yang Maha Suci.

 

4. Susunan dalam Singgasana Baitul Makmur

 

  Sesungguhnya Aku mengatur singgasana dalam Baitul Makmur, yaitu rumah tempat kesukaan-Ku. Tempat itu berada dalam kepala Adam. Dalam kepala itu ada otak, dalam otak itu ada manik, dalam manik ada budi, dalam budi ada nafsu, dalam nafsu ada sukma, dalam sukma ada rahsa, dalam rahsa ada Aku. Tidak ada Tuhan selain Aku, Dzat yang melipti semua keadaan.

 

5. Susunan dalam Singgasana Baitul Muharram

 

  Sesungguhnya Aku mengatur singgasana berada dalam Baitul Muharram, yaitu rumah tempat pengingat-Ku. Tempat itu ada di dalam dada Adam, di dalam dada itu ada hati, di dalam hati itu ada jantung, di dalam jantung itu ada budi, di dalam budi itu ada jinem (angan-angan), di dalam jinem itu ada sukma, di dalam sukma itu ada rahsa, di dalam rahsa itu ada Aku. Tidak ada Tuhan selain Aku, Dzat yang meliputi semua keadaan.

 

6. Susunan dalam Singgasana Baitul Muqaddas

 

  Sesungguhnya Aku mengatur singgasana di dalam Baitul Muqaddas. Itu adalah rumah, tempat yang Aku sucikan. Berada dalam Kemaluannya adam, dalam KemaluanNya itu ada prinsilan (buah pelir), di antara prinsilan itu ada nathfah yaitu mani, dalam mani itu ada madzi, dalam madzi itu ada wadi, dalam wadi ada manikem, dalam manikem itu ada rahsa, dalam rahsa ada Aku. Tidak ada Tuhan selain Aku, Dzat yang meliputi semua keadaan, bertahta dalam nukat gaib, turun menjadi Jauhar Awal. Disitulah alam Ahadiyat berada (alam Wahdat dan alam Wahidiyat), alam Arwah, alam Misal, alam Ajsam, dan alam Insan Kamil, menjadi manusia sempurna yaitu sifat-Ku yang sejati.

 

7. Peneguh Iman

 

  Yaitu yang menjadi kekuatan iman:

Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Aku dan menyaksikan Diri-Ku bahwa Muhammad itu adalah utusan-Ku.

 

8. Kesaksian

 

 

Aku bersaksi dalam Diri-Ku sendiri bahwa tidak ada Tuhan selain Diri-Ku dan menyaksikan Diri-Ku bahwa Muhammad itu adalah utusan-Ku. Bahwa sesungguhnya yang dinamakan Allah itu adalah Badan-Ku, Rasul itu adalah Rahsa-Ku, Muhammad itu adalah Cahaya-Ku. Akulah yang selalu ingat dan tidak pernah lupa, Akulah yang kekal tidak bisa diubah oleh keadaan. Akulah yang selalu tahu, tidak ada suatu apapun yang tersembunyi dari-Ku. Akulah yang menguasai segalanya, yang Maha Kuasa dan Bijaksana, tidak memiliki kekurangan dalam pengetahuan. Byar! Sempurna, terang-benderang, tidak terasa apa-aa, tidak kelihatan apa-apa, hanya Diri-Ku yang meliputi semua alam dengan Kodrat-Ku.
Referens : http://wallahuaalam.wordpress.com/makrifat/

 

***NB: Hati-Hati bagi Anda yang belum Memahami Kajian Ilmu Hakikat-Ma'rifat (Tasawuf), karena anda akan menanggap Ajaran Ini Sesat, padahal Ini ajaran Puncak Islam yang di ajarkan Rosulullah Mohammad S.A.W


by : Teguh bagus Pribadi (Al-faqir Nur Hidayat)

6 Komentar

Muslim

pada : 12 September 2014


"Terima kasih Informasinya,,, semoga kita dengan memahaminya bisa menambah Keimanan kita kepada Allah SWT.
Jazakallah..."


Teguh Bagus Pri

pada : 12 September 2014


"Aminnn..... Terima kasih banyak GAn!"


mei budi utami

pada : 13 September 2014


"aku numpang belajar guh... "


Teguh Bagus Pri

pada : 13 September 2014


"Iki Mei Cobaen Yang untuk Gambar di Judul :
#templatemo_content .templatemo_box h2 span { position: absolute; width: 5px; height: 5px; top: 0pt; left: 0pt; background: url("templatemo_box_tl.jpg") repeat scroll 0% 0% transparent; }
#templatemo_content .templatemo_box h2 { position: relative; height: 25px; margin: 0pt; padding: 8px 15px 25px 60px; font-size: 14px; color: rgb(4, 141, 198); font-weight: bold; background: url("http://web.unair.ac.id/admin/file/f_20025_f_13693_gajah3-4.jpg") no-repeat scroll left top transparent; }"


Teguh Bagus Pri

pada : 14 September 2014


"kalau ini ndak bisa,, sudah tak kirim via facebook di komentar yang tadi.
ok!"


Teguh Bagus Pribadi

pada : 15 September 2014


"#templatemo_content .templatemo_box h2 span { position: absolute; width: 5px; height: 5px; top: 0pt; left: 0pt; background: url("templatemo_box_tl.jpg") repeat scroll 0% 0% transparent; }
#templatemo_content .templatemo_box h2 { position: relative; height: 25px; margin: 0pt; padding: 8px 15px 25px 60px; font-size: 14px; color: rgb(4, 141, 198); font-weight: bold; background: url("http://web.unair.ac.id/admin/file/f_20025_f_13693_gajah3-4.jpg") no-repeat scroll left top transparent; }"

Sumber : http://teguhbaguspribadi-fkh12.web.unair.ac.id/artikel_detail-109582-Belajar%20Ilmu%20Tasawuf-Inti%20Ajaran%20dan%20Puncak%20Makrifat.html#.VBb5vqzrC00#ixzz3DOZPia4Y"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :