Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

Excellence with Morality

__Sertifikasi dan Prestasi__

    Standart ISO 9001:2008 Kepada Universitas Airlangga oleh British Certification International

_Berbagi tak pernah Rugi_

    Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

    ____Hakikat Manusia____

    .: Barang siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal TuhanNya. Seperti bahasan kita yaitu Awwal- uddin Ma'rifatullah adalah... :. more

    ∞ Akun Facebook & Twitter Kami ∞

..:: Selamat Buat para Pemenang lomba web & blog Mahasiswa Universitas Airlangga Tahun 2015; 1.Mei Budi Utami [FST'12] | 2.Mita Erna Wati [FK'12] | 3.Teguh Bagus Pribadi [FKH'12] | 4.M. Roihan Hanafi [FISIP'12] | 5.Ari Zulaicha [FISIP'12] | 6. Muziburrahman [FPK'14] | => Terimakasih atas kunjungan Anda, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya, by : Teguh Bagus Pribadi, http://teguhbaguspribadi-fkh12.web.unair.ac.id, dan Blog ini DIPERBAHARUI sebulan 4x karena kesibukan Perkuliahan ::..

SOAL dan PEMBAHASAN QUIZ AKUPUNKTUR VETERINER FKH UNAIR

diposting oleh teguhbaguspribadi-fkh12 pada 10 October 2014
di Materi Kuliah Semester 5 - 0 komentar

  1. BERI PENJELASAN SINGKAT DAN TEPAT MENGENAI FILOSOFI DUA UNSUR: “YIN – YANG”
     
  2. BERI KETERANGAN PADA GAMBAR SKEMA DIBAWAH INI : 
     
  3. JELASKAN ARTI KATA-KATA INI : TITIK AKUPUNKTUR, MERIDIAN, STIMULASI, SEDASI, KONDISI SEHAT DAN SAKIT, ENERGI, ORGAN SI, ORGAN SE.  
  4. BERI PENJELASAN BESERTA CONTOHNYA, KENAPA PENYAKIT YG BERSIFAT  ”YIN” LEBIH PARAH DARI YG BERSIFAT ” YANG” ?       

 

 

JAWABAN

1. YIN

Adalah unsur dalam yang tak terukur secara teknis, misalnya : marah, emosi, cinta, rindu, mual, sakit, tidak enak, nikmat, sedih, susah, gembira, kecewa, takut, tegang, romantis, tenang, ragu-ragu, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri unsur yin adalah : diam, mengalir ke bawah, tenang, gelap, dan dingin.

  • Diam berarti dalam keadaan basal yaitu metabolisme basal tidak ada kegiatan produksi, hanya mengganti sel-sel yang aus dan rusak.
  • Mengalir ke bawah, artinya tidak ada proses katabolisme, tidak ada energi yang memancar semuanya dalam kondisi anabolik.
  • Tenang, tidak terjadi aktivitas produksi, dalam keadaan istirahat.
  • Gelap, kondisi diam dan tenang tidak menghasilkan energi yang memancar sehingga keadaan menjadi gelap.
  • Dingin, karena tidak ada panas yang dihasilkan dari proses katabolisme, dan tidak responsif.

YANG

Adalah unsur luar yang terukur : berat badan, tinggi badan, kadar hormon, tekanan darah, kadar gula darah, jumlah eritrosit, leukosit, trombosit, kadar lemak, jumlah gigi, ukuran tulang, otot, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri unsur yang adalah : bergerak dinamis, memancarkan keatas, ramai, terang, panas/hangat.

  • Bergerak dinamis, berarti banyak aktivitas dan menghasilkan sesuatu (produksi dan reproduksi serta terjadi interaksi, metamorfose, assimilasi, katabolisme, dan lain sebagainya).
  • Memancar keatas, berarti terdapat pergerakan energi hidup, adanya gerakan aktif.
  • Ramai, berarti banyaknya gerakan-gerakan menimbulkan bunyi secara dinamika.
  • Tenang dan panas, bearti proses penggunaan energi yang memancar menimbulkan panas dan terang.

YIN dan YANG pada dasarnya saling berlawanan, tetapi mereka adalah bagian dari alam, mereka bergantung satu sama lain. Keseimbangan Yin dan Yang adalah penting. Jika Yin lebih kuat, Yang akan menjadi lemah, dan sebaliknya. Yin dan Yang dapat bertukar tempat dalam kondisi tertentu sehingga mereka biasanya tidak hanya Yin dan Yang saja. Dengan kata lain, Yin dapat berisi bagian tertentu dari Yang dan Yang dapat memiliki beberapa komponen Yin. Hal ini diyakini bahwa Yin dan Yang eksis dalam segala hal.

2. Klik Gambar Untuk Memperbesar

 

3. 

  1. Titik akupunktur adalah suatu area dengan luas tertentu terletak di permukaan tubuh (kulit, fascia, tendon, otot, tulang) mempunyai sifat-sifat kelistrikan : potensial tinggi dan resistensi yang rendah, sehingga amat peka terhadap rangsangan biofisika (fisik, cahaya, listrik, gelombang elektromagnet, dan laser), mampu menyimpan, menghasilkan, dan menyalurkan energi melalui jalur meridian menuju ke organ terkait.
  2. Meridian adalah suatu jalur yang spesifik menghubungkan antar titik-titik akupunktur menuju organ yang terkait disebut target organ, terdiri dari sel-sel yang mempunyai sifat resonansi yang sama, yaitu bisa menyalurkan energi secara dinamis ke seluruh tubuh organ tubuh.
  3. Stimulasi adalah suatu tindakan yang menimbulkan rangsangan sehingga terjadi peningkatan energi pada titik akupunktur dan memberikan efek kapasitasi fisiologis pada organ targetnya.
  4. Sedasi adalah suatu tindakan yang memberikan efek penurunan energi atau memberikan efek sedasi/penenangan pada kinerja organ yang berlebihan sehingga terjadi perimbangan energi yang sesuai dengan kondisi organ.
  5. Kondisi sehat adalah kondisi dimana keadaan Yin dan Yang seseorang/pasien dalam keadaan seimbang, tidak terdapat gangguan.
    Kondisi sakit adalah kondisi dimana keadaan Yin dan Yang seseorang/pasien dalam keadaan tidak seimbang serta terdapat gangguan pada tubuh.
  6. Energi merupakan unsur dasar pembentuk alam semesta.
    Menurut TCM (Traditional Chinese Medicine) :
    -Partikel renik pembentuk dan penunjang tubuh manusia
    -Aktifitas fungsi organ Zhang Fu dan Meredian
    Mekanisme Qi (energi) yang seimbang mempertahankan kegiatan fisiologis yang normal. Bilamana Qi (energi) tidak seimbang, seperti ketika aliran Qi terhalang akan mengakibatkan kenaikan tingkat Qi dan pelepasan Qi, ini akan menyebabkan timbulnya penyakit.
  7. Organ SI tergolong dalam Yin (lemah/dingin). Yang termasuk dalam organ SI adalah jantung, hati, limpa, paru-paru, dan ginjal.
  8. Organ SE tergolong dalam Yang (kuat/panas). Yang termasuk dalam organ SE adalah usus halus, kantung empedu, perut, usus besar, kandung kemih, dan selaput jantung.

4. Penyakit yang bersifat Yin biasanya lebih parah daripada penyakit yang bersifat Yang, hal ini karena penyakit Yin biasanya merupakan penyakit yang lama sehingga lebih serius, sedangkan penyakit Yang merupakan penyakit yang masih baru atau awal mula. Contohnya pada suatu penyakit bersifat Yang (akut) dan ditemukan gejala Yin yang berarti penyakit itu memburuk, untuk gejala kronis yaitu sariawan Yin yang merupakan sariawan yang sudah sangat parah.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :