Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

Excellence with Morality

__Sertifikasi dan Prestasi__

    Standart ISO 9001:2008 Kepada Universitas Airlangga oleh British Certification International

_Berbagi tak pernah Rugi_

    Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

    ____Hakikat Manusia____

    .: Barang siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal TuhanNya. Seperti bahasan kita yaitu Awwal- uddin Ma'rifatullah adalah... :. more

    ∞ Akun Facebook & Twitter Kami ∞

..:: Selamat Buat para Pemenang lomba web & blog Mahasiswa Universitas Airlangga Tahun 2015; 1.Mei Budi Utami [FST'12] | 2.Mita Erna Wati [FK'12] | 3.Teguh Bagus Pribadi [FKH'12] | 4.M. Roihan Hanafi [FISIP'12] | 5.Ari Zulaicha [FISIP'12] | 6. Muziburrahman [FPK'14] | => Terimakasih atas kunjungan Anda, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya, by : Teguh Bagus Pribadi, http://teguhbaguspribadi-fkh12.web.unair.ac.id, dan Blog ini DIPERBAHARUI sebulan 4x karena kesibukan Perkuliahan ::..

PENGERTIAN TERAPI AKUPRESUR

diposting oleh teguhbaguspribadi-fkh12 pada 16 October 2014
di Materi Kuliah Semester 5 - 0 komentar

Pengertian Therapy Akupresur

      Therapy Akupesur adalah segala bentuk therapy untuk memulihkan kesehatan dengan menggunakan jari – jari tangan ( tusuk jari ) ataupun dengan menggunakan alat bantu seperti stik ataupun alat bantu yang lain (Budi Harjo, Macam-Macam Titik-Titik Akupresur, 1997), atau bahkan menggunakan alat elektronik sebagai pengganti pijat , namun melalui uji cobaapakah sesuai dengan dan cocok digunakan untuk mengobati pasien sehingga tidak berakibat merusak kilit ataupun jaringan lainnya.

Teknik Therapy Akupresur

Dalam pengobatan sebaiknya menggunakan jari – jari tangan kita. karena bagi pasien rasa sakit lebih terasa bila menggunakan stik daripada saat melakukan therapy dengan menggunakan jari-jari tangan, tetapi bila tidak mampu juga tidak boleh dipaksakan maka harus menggunakan alat bantu stik ataupun alat bantu lainnya yang dapat digunakan untuk mendukung proses therapy untuk penyembuhan suatu penyakit.

Teknik Melakukan Pemijatan Dan Waktu Therapy

Pada saat melakukan pemijatan pada titik tertentu didalam tubuh harus terasa sakit therapy sebatas bisa ditahan, dan waktu melakukan therapy relatif tergantung kodisi pasien dan penyakitnya.bila penyakitnya berat waktu therapy sekitar 60 – 90 menit, bila penyakitnya tidak begitu berat serta untuk menjaga kesehatan / pencegahan sekitar 30 – 60 menit.

Dalam melakukan therapy sebaiknya menggunakan minyak hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan pada kulit ataupun pada jaringan yang lainnya.bila pasien alargi terhadap penggunaan minyak maka dapat diganti dengan menggunakan krim pelembut kulit.

Waktu atau lama therapy idealnya dilakukan dua kali seminggu maksimal tiga kali seminngu hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya over dosis dalam pemijatan, karena therapy ini bertujuan untuk memperlancar aliran darah sehingga pengobatannya membuka kembali aliran darah maka dosisnya harus sesuai dengan kondisi pasien (Handoko, Pedoman Dasar Akupresur, 1998).

Teknik Melakukan Therapy

Dalam melakukan therpy penyembuhan seorang therapys harus mampu mendiagnosa penayakit dan menentukan titik mana saja yang akan dipijat, hal ini sangat penting dan perlu karena bila salah ataupun kurang tepat dalam menentukan titik –titik pemijatan maka therapy yang dilakukan kurang efisien, sehingga dalam melakukan pemijatan harus benar – benar tepat pada titik – titik yang dituju.

Macam – macam bagian therapy

Dalam therapy akupresur ada beberapa macam bagian yaitu :

1. Therapy Refleksi adalah pemijatan pada titik – titik tertentu di telapak kaki ataupun di telapak tangan.

2. Therpy meredian adalah pemijatan pada titik – titik tertentu di seluruh tubuh pada titik organ yang menderita gangguan (Budi Harjo, Macam-Macam Titik-Titik Akupresur, 1997).

Di dalam therapy akupresur juga menggunaka tensimeter sebagai barometer dalam melihat kondisi pasien, hal ini disebabkan karena setiap jenis penyakit mempengaruhi tekanan darah. Jadi sebelum dilakukan therapy pasien di tensi terlebih dahulu baru dilakukan therapy sehingga dalam menentukn titik – titik pemijatan lebih tepat.

Disamping melakukan therapy sebaiknya ditunjang dengan mengkonsomsi obat – obatan herbal untuk mempercepat penyembuhan. Tetapi disarankan mengkonsunsi obat herbal karena tidak memiliki efek samping.

Obat herbal adalah obat – obatan yang berasal dari tumbuh tumbuhan yang diracik dengan dosis tertentu sehingga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit (Sriyanto, Tanaman Obat Dan Herbal, 1999). Dalam meramu obat herbal hampir mirip dengan meramu obat medis karena juga sama – sama memiliki dosis tertentu, tetapi bedanya obat herbal tidak memiliki efek seperti obat medis.

Dengan obat herbal proses penyembuhan memang lebih lama bila dibandingkan dengan obat medis hal ini disebabkan karena kandungan dalam obat herbal 100% dari tumbuh – tumbuhan alami sehingga reaksinya lama tidak seperti obat kimia.

REFERENS: http://ariosetyadi.wordpress.com/2011/02/10/therapy-akupresur/

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :