Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

Excellence with Morality

__Sertifikasi dan Prestasi__

    Standart ISO 9001:2008 Kepada Universitas Airlangga oleh British Certification International

_Berbagi tak pernah Rugi_

    Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

    ____Hakikat Manusia____

    .: Barang siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal TuhanNya. Seperti bahasan kita yaitu Awwal- uddin Ma'rifatullah adalah... :. more

    ∞ Akun Facebook & Twitter Kami ∞

..:: Selamat Buat para Pemenang lomba web & blog Mahasiswa Universitas Airlangga Tahun 2015; 1.Mei Budi Utami [FST'12] | 2.Mita Erna Wati [FK'12] | 3.Teguh Bagus Pribadi [FKH'12] | 4.M. Roihan Hanafi [FISIP'12] | 5.Ari Zulaicha [FISIP'12] | 6. Muziburrahman [FPK'14] | => Terimakasih atas kunjungan Anda, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya, by : Teguh Bagus Pribadi, http://teguhbaguspribadi-fkh12.web.unair.ac.id, dan Blog ini DIPERBAHARUI sebulan 4x karena kesibukan Perkuliahan ::..

JALUR TITIK MERIDIAN Oleh : Prof Dr RTS Adikara, MS., Akp.

diposting oleh teguhbaguspribadi-fkh12 pada 16 October 2014
di Materi Kuliah Semester 5 - 0 komentar

Oleh : Prof Dr RTS Adikara, MS., Akp.
  
1. Titik meridian  Paru-paru     : Hand - Taiyin,LU
Dimulai dari Jiao bagian tengah, titik paru-paru mengarah ke bawah ke bagian usus besar, kemudian kembali lagi melalui mulut kardial perut. Titik tersebut melewati diafragma dan masuk ke rongga dada untuk menuju ke paru-paru, dimana titik naik menuju trakea sampai ke tenggorokan. Titik tersebut kemudian menuju ke arah sisi lateral interior menggabungkan diri pada Zhongfu (LU 1) pada bagian latero superior di depan dinding rongga dada. Dari Zhongfu, titik menuju lekukan lateral bicipital, melewati depan meridian hati Hand - Shaoyin dan meridian selaput jantung Hand -Jueyin sampai Chize (LU 5) pada siku. Titik tersebut kemudian berturut-turut turun sepanjang permukaan lingkaran lengan bawah dan tiba pada Lieque (LU 7) yang terletak diatas radius proses styloid dan diantara otot branchioradial dengan otot abduktor ibu jari. Titik bersambung sepanjang lingkaran karpalis ke sisi lingkaran telapak tangan menujuShaoshang (LU 11) pada lingkar ibu jari, berhubungan dengan meridian usus besar Hand- Yangming.
Meridian ini memilikt 11 titik pada sisi kanan dan kiri dari Zhongfu sampai Shaoshang.
Zhongfu (L U1) Yunmen (L U 2) Tianfu (L U 3) Xiabai (L U 4) Chize (L U 5) Kongzui (L U 6) Lieque (LU 7) Jingqu (LU'8) Taiyuan (LU9) Yuji (LU 10) Shaoshang (LU11)
Fungsi dari meridian tersebut : batuk, asma. hemoptysis, nyeri tenggorokan dan gejala lain yang berhubungan dengan sistem pernafasan.
2. Titik meridian Usus Besar Hand - Yangming, LI
Dimulai dari sisi radial pangkal jari telunjuk, naik sepanjang sisi radial bagian belakang jari telunjuk dan melewati jarak antara tulang metacarpal yang pertama dan kedua, titik Hegu(LI 4) kemudian terus ke arah bawah diantara tulang kering otot ekstensor longitudinal sampai siku lateral lengan bawah. Dari sana, titik naik sepanjang lengan atas lateral sampai Jianyu (LI 15) pada batas anterior akromion kemudian kembali melintas ke arah cervical vertebra dimana titik masuk ke dalam supraclavicular fossa, menurun ke arah rongga dada bersambung dengan paru - paru. Titik melewati diafragma ke arah perut bersambung pada usus besar. Cabang pada supraclavicular fossa naik ke atas bagian lateral dari leher ke wajah, masuk ke dalam rahang bawah dan berputar di bagian bibir bagian atas. Titik melintas pada pasangan meridian Renzhong (DU 26) berakhir pada Yingxiang (LI 20) di lekukan nasolabial pada sisi yang berlawanan. Titik tersebut berhubungan dengan meridian Perut Foot - Yangming.
Meridian tersebut memiliki 20 titik di bagian kanan dan kiri dari Shangyang (LI \)ke Yingxiang (LA 20).
Shangyang (LI 1) Erjian (LI 2) Sanjian ( LI 3) Hegu (LI 4) Yangxi (LI 5) Pianli (LI6) Wenliu (W) Xialian (LI 8) Shousanli (LI 9) Quchi (LI 11) Zhouliao (LI 12) Shouwuli (LI 13) Binao (LI 14) Jianyu (LI 15) Jugu (LI 16) Tianding (LI 17) Futu (LI 18) Kouheliao (LI 19) Yingxiang (LI 20)
Fungsi dari meridian tersebut : gangguan kepala, wajah, mata, hidung, mulut gigi
dan tenggorokan serta penyakit bebrile.
3. Titik meridian Perut Foot - Yangming, ST
Dimulai dari alae nasi, naik keatas nasi radix dan bertemu dengan BL, kemudian titik turun sepanjang sisi lateral hidung melewati Chengqi(ST 1), masuk ke dalam gusi bagian atas. Titik berlanjut di sekitar bibir dan bertemu diChengjiang (RN 24), kemudian berbelok searah lateral ke tulang kering anterior melewatiDaying (ST 5) dan Jiache (ST 6). Titik melewati atas telinga bagian anterior melintasi Xiaguan(ST 7) ke titik Touwei (ST 8) pada garis rambut anterior di pojok dahi. Cabang permukaan ST: dari Daying (ST 5) turun bertemu denganRenying (ST 9) dan melewati samping tenggorokan dalam supraclavicular fossa: dari supraclvicular fossa berlanjut turun melewati puting kemudian melalui samping tali pusar menuju Qichong (ST 30) di perut bagian bawah. Cabang ST di pasangan pylorica (lubang antara perut dan usus) dari perut: titik turun dalam perut menuju Qichong (ST 30) kemudian menuju ke Biguan (ST 31) dan melewati Futu(ST 32). Titik berlanjut ke bawah ke kaki dan lutut anterior, dari sana titik menurun sepanjang sisi samping dan depan kepala tulang kering dan melewati tulang sendi pergelangan kaki dan dorsum pedis, berakhir pada sisi samping jari kaki kedua. Cabang ST pada bagian depan tulang kering: meninggalkan Zusanli (ST 36), yaitu 3cm di bawah lutut, mengarah sepanjang bagian samping dan depan tulang kering dan berlanjut ke bawah sisi samping jari kaki bagian tengah. Cabang ST di bagian belakang kaki: meninggalkan Chongyang (ST 42) diantara urat daging otot ekstensor hallucis longus dan otot ekstensor digitorum longus pada bagian teratas dari dorsum pedis, masuk ke bagian terdalam medialis dari hallux dan berhubungan dengan meridian Limpa Foot - Taiyin.
Meridian ini memiliki 45 titik di sisi kanan dan kiri dari Chengqi (ST 1) sampai Lidui (ST 45).
Chengqi (ST 1) Sibai (ST 2) Juliao (ST 3) Dicang (ST 4) Daying (ST 5) Jiache (ST 6) Xiaguan (ST 7) Touwei (ST8) Renying (ST9) Shuitu (ST 10) Qishe (STll) Quepen (ST 12) Qihu (ST 13) Kufmg (ST 14) Wuyi (ST 15) Ylngchuang (ST 16) Ruzhong (ST 17) Rugen (ST18) Burong (ST 19) Chengman (ST20) Hangmen (ST21) Guanmen (ST22) Taiyi ( ST 23) Huaroumen (ST 24) Tianshu (ST 25) Wailing (ST 26) Daju (ST 27)Shuidao (ST 28) Guifai (ST 29) Qichong (ST 30) Biguan (ST 31) Futu (ST 32) Yinshi (ST33) Liangqiu (ST34) Dubi (ST 35) Zusanli (ST 36) Shangjuxu (ST37) Tiaokou (st 38) Xiajuxu (ST 39) Fenglong (ST 40) Jiexi (ST 41) Chongyang (ST 42) Xianggu (ST 43) Netting (ST 44) Lidui (ST45).
Fungsi dari meridian tersebut: gangguan kepala, wajah, mulut, gigi. tenggorokan, perut, usus, aliran darah, penyakit febrile serta ketidaksadaran.
 4.Titik Meridian Limpa Garis Bujur Kaki Taiyin,SP.
Dimulai dari ekstremitas medialis dari hallux, menyusuri bagian tengah hallux dan naik di depan malleolus bagian tengah sampai tulang kering. Titik mengikuti garis belakang dari bagian tengah tulang kering dan melalui bagian tengah kaki ke Chongmen (SP 12), pada sisi samping inguin. Titik kemudian menuju rongga perut masuk ke dalam limpa bersambung dengan perut. Kemudian titik berlanjut melintasi diafragma ke dalam dada dan naik sepanjang esofagus dan sisi samping kerongkongan ke pangkal lidah dan menyebar ke seluruh permukaan bagian bawah lidah. Cabang pemt: titik melintasi diafragma untuk bergabung dengan hati dan bekerja dengan garis bujur hati Hand - Shaoyin.
Meridian ini memiliki 21 titik pada sisi kanan dan kiri dari Yinbai (SP 1) sampai Dabao
(SP21).
Yinbai (SP 1) Dadu (SP 2) Taibai (SP 3) Gongsun (SP 4) Shangqiu (SP 5) Sanyinjiao
(SP 6) Lougu (SP 7) Diji (SP 8) Yinlingquan (SP 9) Xuehai (SP 10) Jimen (SP 11)
Chongmen (SP 12) Fushe (SP 13) Fujie (SP 14) Daheng (SP 15) Fu'ai (SP 16) Shidou
(SP 18) Xiongxiang (SP 19) Zhourong (SP 20) Dabao (SP 21).
Fungsi dari meridian ini: gangguan limpa, perut, hati, paru-paru, saluran reproduksi dan organ saluran kencing.
5. Titik Hati Garis Bujur Hand - Shaoyin, HT
Dimulai dari hati, cabang yang menurun mengalir melewati dalam rongga perut kemudian menjalar ke usus kecil. Cabang yang naik: titik menuju ke esofagus dari hati melewati rongga ke dalam otak untuk bergabung dengan penghubung organ mata. Garis lurus dari HT: dari hati ke paru-paru metintas dengan menyamping ke Jiquan ( HT 1), yaitu pada titik puncak axilla. Dari sana menuju ke sisi tengah belakang dari lengan atas dan melewati bagian belakang meridian paru-paruHand - Taiyin dan meridian selaput jantungHand Jueyin sampai titik Shaohai (ST 3). Titik tersebut terletak pada pusat garis penghubung antara ekstremitas medialis dari cubital fossa dan epicondyle tengah dari tulang bagian atas lengan. Titik berlanjut sepanjang sisi tengah belakang dari lengan bawah ke pisiform region proksimal ke tefapak tangan, kemudian titik menuju sepanjang batas radial dari jari kelingking dan berhubungan dengan meridian usus kecil Hand- Taiyang.
Meridian ini memiliki 9 titik pada sisi kanan dan kiri dari Jiquan (HT 1) sampai Shaochong (HT 9).
Jiquan (HT 1) Qingling (HT 2) Shaohai (HT 3) Lingdao (HT 4) Tongli (HT 5) Yinxi (HT
6) Shenmen (HT 7) Shaofit (HT 8) Shaochong (HT 9).
Fungsi dari meridian ini: ketidaksadaran, gangguan aliran darah, tenggorokan kering,
rasa haus, penyakit kuning, nyeri hipocondria, nyeri precordial dan nyeri sepanjang
bagian tengah lengan alas.
6. Titik meridian Usus Kecil Hand - Taiyang, SI.
Dimulai dari sisi tukng hasta jari kelingking, naik sepanjang sisi samping punggung tangan sampai pergelangan tangan dan melalui proses styloid tulang hasta. Dari sana titik menuju batas belakang sisi samping lengan bawah dan lewat diantara olecranon dan epicondyle tengah dari tulang bagian atas lengan atau kaki depan. Kemudian titik lewat pada batas belakang dari sisi samping lengan atas ke tulang sendi bahu dan berlanjut ke sekitar daerah tulang belikat bertemu dengan titik Daizhui (DU 14) meridian DU pada punggung bagian atas. Dari sana titik beijalan lurus ke dalam supraclavicular fossa dan berlanjut masuk ke dalam hati. Titik berjalan menurun sepanjang esofagus melintasi diafragma dan masuk ke dalam rongga perut menyebar ke bagian perut dan usus kecil. Cabang pada supraclavicular fossa: titik tewat searah vertikal pada pasangan tulang tengkuk ke facio bucca dan berkait dengan meridian kandung kemih Foot - Taiying.
Meridian ini memiliki 19 titik pada sisi kanan dan kiri dari Shaoze (SI 1) sampai Tinging (SI 19).
Shaoze (SI 1) Qiangu (SI 2) Houxi (SI 3) Wangu (SI 4) Yanggu (SI 5) Yanglao (SI 6)
Zhizheng (SI 7) Xiaohai (SI 8) Jianzhen (SI 9) Naoshu (SI 10) Tianzong (SI 11)
Birtgfeng (SI 12) Quyan (SI 13) Jianwaishu (SI 14) Jianzhongshu (SI 15) Tianchuang
(SI 16) Tianrong (SI 17) Quanliao (SI 18) Tinggong (SI 19).
Fungsi dari meridian ini: nycri perut bagian bawah, sakit pinggang / encok, tuli, sakit
kuning, pembengkakan bucca, luka pada tenggorokan, nyeri pada bahu dan lengan
bagian belakang.
7. Titik meridian Kandung Kemih Foot - Taiyang, BL 
Dimulai dari canthus bagian dalam, naik ke dahi dan vertex menyatu dengan titik Baihui (DU 20). Cabang vertex: dari vertex ke dalam pasangan intra cranialis berkomunikasi dengan otak, titik muncul dari otak turun ke tengkuk, kemudian lewat pada batas tengah tuiang belikat 1,5cm dari garis tengah dan kemudian berlanjut sepanjang sisi samping tuiang belakang sampai lumbus. Dari Shenshu (BL 23) titik melewati musculi dorsi masuk ke rongga perut dan menyebar pada ginjal dan kandung kemih. Cabang pada lumbus: arah menurun dalam popiteal fossa dari pantat. Cabang pada tengkuk menurun arah vertical sepanjang sisi samping tuiang belakang, 3cm dari garis tengah dan lewat pada batas tengah tuiang belikat. Kemudian berlanjut turun vertikal ke lumbus dan pantat. Dari sana titik lewat pada sisi samping belakang kaki bertemu dengan cabang lumbus di popiteal fossa. Titik berlanjut menuruni permukaan superficial otot trisep betis dan melewati bagian belakang malleolous lateral. Akhimya titik berlanjut sepanjang bataskiri kaki sampai sisi lateral jari kelingking kaki, dimana akan bertemu dengan meridian GinjalFoot - Shaoyin.
Meridian tni memiliki 67 titik pada sisi kanan dan kiri dari Jingming (BL 1) sampai Thiyin (BL 67).
Jingming (BL 1) Cuanzhu (BL 2) Meichong (BL 3) Qucha (BL 4) Wuchu (BL 5) Chengguang (BL 6) Tongtian (BL 7) Luoque (BL 8) Yuzhen (BL 9) Tianzhu (BL 10) Dazku (BL 11) Fengmen (BL 12) Feishu (BL 13) Jueyinshu (BL 14) Xinshu (BL 15)Dushu (BL 16) Geshu (BL 17) Ganshu (BL 18) Danshu (BL 19) Pishu (BL 20) Weishu (BL 21) Sanjiaoshu (BL 22) Shenshu (BL 23) Qihaishu (BL 24) Dachangshu (BL 25) Guanyuanshu (BL 26) Xiaochangshu (BL 27) Pangguangshu (BL 28) Zhonglushu (BL 29) Baihuanshu (BL 30) Shangliao (BL 31) Ciliao (BL 32) Zhongliao (BL 33) Xialiao (BL 34) Huiyang (BL 35) Chengfu (BL 36) Yinmen (BL 37) Fuxi (BL 38) Weiyang (BL39) Weizhong (BL 40) Fufen (BL 41) Pohu (BL 42) Gaohuang (BL 43) Shentang (BL 44) Yixi (BL 45) Geguan (BL 46) Hunmen (BL 47) Yanggang (BL 48) Yishe (BL 49) Weicang (BL 50) Huangmen (BL 51) Zhishi (BL 52) Baohuang (BL 53) Zhibian (BL 54) Heyang (BL 55) Cheng;in (BL 56) Chengshan (BL 57) Feiyang (BL 58) Fuyang (BL 59) Kunlun (BL 60) Pucan (BL 61) Shenmai (BL 62) Jinmen (BL 63) Jinggu (BL 64) Shugu (BL 65) Zutonggu (BL 66) Zhiyin (BL 67),
Fungsi dari meridian ini: gangguan pada kepala, tengkuk, mata, daerah dorso lumbal dan kaki serta ketidaksadaran. Titik-titik pada garis paralel berdampingan pertama dan kedua sampai tulang belakang dapat menimbulkan penyakit berkaitan dengan Zang-Fu.
8. Titik meridian Ginjal Foot - Shaoyin, KI
Ditnulai dari sisi depan jari kaki kelima, titik berjalan miring ke arah telapak kaki dan kemudian melewati bagian belakang malleolus tengah sampai tumit. Titik naik ke batas belakang dari sisi tengah tulang kering, melewati bagian tengah popliteal fossa sampai bagian tengah belakang paha. Titik kemudian melewati tulang belakang dan masuk pada rongga perut, dimana titik menyatu dengan ginjal dan kandung kemih. Cabang lurus pada ginjal: naik dari ginjal lewat hati dan diafragma masuk rongga dada dan bersambung dengan paru-paru. Titik berlanjut sepanjang sisi trakea dan tenggorokan kemudian berakhir pada pangkal lidah. Cabang pada paru-paru: titik menuju hati dari paru-paru dan menyebar pada rongga dada bersambung dengan meridian selaput jantung Hand - Jueyin.
Meridian ini memiliki 27 titik pada sisi kanan dan kiri dari Yongquan (KI 1) sampai Shufu (KI 27).
Yongquan (KI 1) Rangu (KI 2) Taixi (KI 3) Dazhong (KI 4) Shuiquan (KI 5) Zhaohai (KI 6) Fuliu (KI 7) Jiaoxin (KI 8) Zhubin (KI 9) Yingu (KI 10) Henggu (KI 11) Dahe (KI 12) Qixue (KI 13) Siman (KIM) Zhongzhu (KI 15) Huangshu (KI 16) Shangqu (KI 17) Shiguan (KI 18) Yindu (KI 19) Futonggu (KI 20) Youmen (KI 21) Bulang (KI 22)Shenfeng (KI23) Lingxu (KI 24) Shencang (KI25) Yuzhong (KI26) Shuju (KI 27). Fungsi dari meridian ini: penyakit kelamin, gangguan ginjal, kandung kemih, paru-paru, limpa dan hati.
9. Titik meridian Selaput Jantung Hand - Jueyin, PC.
Dimulai dari rongga dada, masuk pada selaput jantung dan turun pada diafragma ke rongga perut. Titik bertemu dengan bagian atas, tengah, bawah Jiao dari dada ke perut. Cabang dada: titik muncul dari dada pada titik 5cm lateral sampai garis tengah pada sisi tengah lengan atas, turun diantara meridian paru-paruHand - Taiyin dan meridian hati Hand- Shaoyinsampai bilik fossa. Titik berlanjut pada sisi luar lengan bawah dan melewati bagian tengah pergelangan tangan masuk ke telapak tangan, berakhir pada ujung jari tengah. Cabang pada telapak tangan : titik terpisah dari Laogong (PC 8) dan menuju jari manis sampai ujung jari keempat, bersatu dengan meridian Sanjiao Hand Shaoyang.
Meridian ini memiliki 9 titik pada sisi kanan dan kin dari Tianchi (PC 1) sampai Zhongchong (PC 9).
Tianchi (PC 1) Tianquan (PC 2) Quze (PC 3) Ximen (PC 4) Jianshi (PC 5) Neiguan (PC 6) Doling (PC 7) Laogong (PC 8) Zhongchong (PC 9).
Fungsi dari meridian ini: gangguan pada hati, rongga dada, perut, kulit, mulut, termasuk angina pectoris (nyeri pada rongga dada), daerah hypocondric dan ketidaksadaran.
10. Titik meridian Sanjiao Hand - Shaoyang, S.I. 
Dimulai dari ujung punggung jari manis, naik diantara tulang metacarpal keempat dan kelima sepanjang punggung tangan dan melewati punggung lengan bawah diantara jari-jari dan tulang hasta sampai siku. Dari sana titik menuju pada sisi samping lengan atas sampai tulang sendi bahu dan melewati depan kedalam supraclavicular fossa. Kemudian titik turun lewat titik Danzhong (RN 17) dan bertemu dengan selaput jantung. Titik turun melalui diafragma masuk dalam rongga penit, dimana tulang sendi menyinggung organ, bagian atas, tengah dan bawah Jiao, dari dada ke perut. Cabang pada dada: naik dari Danzhong (RN 17) ke dalam supraclavicular fossa dan menuju leher. Titik melewati tengkuk dan daerah belakang leher sampai daerah diatas ujung telinga. Dari sana titik lalu berbelok ke dalam daerah infraorbital pada faciobucca. 
Cabang padam telinga: titik masuk pada intra auris dari daerah retro auricular dan muncul pada daerah pre auricular  sampai canthus bagian luar yang menghubungkan dengan meridian kantong empedu Foot - Shaoyang.
Meridian ini memiliki 23 titik pada sisi kanan dan kiri dari Guanchong (SJ 1) sampai Sizhukong(SJ 23).
Guanchong (SJ 1) Yemen (SJ2) Zhongzhu (SJ 3) Yangchi (SJ 4) Waiguan (SJ 5) Zhigou
(SJ 6) Huizong (SJ 7) Sanyanglou (SJ 8) Sidu (SJ 9) Tianjing (SJ 10) Qinglengyuan (SJ
11) Xiaolou (SJ 12) Naohui (SJ 13) Jianliao (SJ 14) Tianliao (SJ 15)Tianyou (SJ
16)Yifeng (SJ 17) Chimai (SJ 18) Luxi (SJ 19) Jiaosun (SJ 20) Ermen (SJ21) Erheliao
(SJ22) Shizukong (SJ23).
Fusgsi dari meridian ini: sakit kepala, pusing, tuli, luka tenggorokan, penyakit febrile dan kettdaksadaran.
11. Titik meridian Kantung Empedu Foot -Shaoyang, GB
Dimulai dari canthus bagian luar, bergerak menyamping ke daerah pre auricular dan menuju pada sudut depan. Dari sana titik berlanjut melalui depan dan belakang telinga sampai pada titik Wangu (GB 12), kemudian memutar arah lewat depan Yangbai (GB 14) di dahi. Titik kemudian memutar arah sekali lagi depan belakang ke Jianjing (GB 21), melewati leher ke dalam supra clavicular fossa,. Cabang pada telinga: titik berjalan menuju intro auris dari daerah retro auricular dan muncul dari daerah pre auricular sampai sisi belakang luar canthus. Cabang pada luar canthus: titik berjalan menuju daerah infraorbital dari luar canthus dan lewat Jiache (ST 6) dan leher ke dalam supraclavicular fossa bertemu dengan cabang sebelumnya. Titik kemudian turun ke dalam dada dan melewati diafragma ke dalam rongga perut menyatu dengan hati dan kantong empedu. Titik turun sepanjang dinding perut bagian dalam sampai daerah vulva yang muncul dari dinding perut. Titik melewati daerah inguinal sampai Huantiao (GB 30). Cabang lurus pada supraclavicular fossa: dari bagian luar axilary fossa, titik turun pada segi samping dada bertemu dengan cabang yang masuk dalamHuantiao (GB 30). Titik kemudian turun pada sisi samping kaki ke lutut dan turun sepanjang sisi samping kaki dari fibula ke daerah luar lateral malleolus. Titik melewati punggung kaki sampai sisi samping jari kaki keempat. Cabang pada punggung kaki: titik melenting dari Zulinqi(GB 41) dan berjalan ditengah sampai distal portion jempol kaki yang menghubungkan dengan meridian Hati Foot Jueyin.
Meridian ini memiliki 44 titik pada sisi kanan dan kin dari Tongziliao (GB 1) sampai Zuqiaoyin(GB 44).
Tongziliao (GB 1) Tinghui (GB 2) Shangguan (GB 3) Hanyan (GB 4) Xuantu (GB 5) Xuanli (GB 6) Qubin (GB 7) Shuaigu (GB 8) Tianchong ( GB 9) Fubai (GB 10) Touqiaoyin (GB 11) Wangu (GB 12) Benshen (GB 13) Yangbai (GB 14) Toulinqi (GB 15) Muchuang (GB 16) Zhengying (GB 17) Chengiing (GB 18) Naokong (GB 19) Fenchi (GB 20) Jianjing (GB 21) Yuanye (GB 22) Zhejin (GB 23) Riyue (GB 24) Jingmen (GB 25) Daimai (GB 26) Wushu (GB 27) Weidao (GB 28) Juliao (GB 29) Huantiao (GB 30) Fengshi (GB 31) Zhongdu (GB 32) Xiyangguan (GB 33) Yanglingquan (GB 34) Yangjiao (GB 35) Waiqiu (GB 36) Guangming (GB 37) Yangfu (GB 38) Xuanzhong (GB 39) Qiuxu (GB 40) Zulinqi (GB 41) Diwuhui (GB 42) Xiaxi (GB 43) Zuqiaoyin (GB 44).
 
Fungsi dari meridian ini: gangguan pada bagian samping kepala, mala. telinga,dada dan hypocondrium, penyakit febrile serta penyakit kelamin.
 
12. Titik meridian Hati Foot - Jueyin, LR.
 
Bermula dari jempo! kaki, tttik naik pada punggung kaki dan lewat didepan malleous sampai Zhongfeng (LR 4). Dari sana titik naik ke sisi tengah tulang kering ke daerah tengah dari lutut dan melewati sisi tengah paha. Titik berjalan di sekitar vulva masuk ke rongga perut dimana titik menyebar di sekitar hati dan kantong empedu. Kemudian metewati diafragma dan naik ke dinding rongga dada. Berlanjut melewati bagian belakang tenggorokan dalam rongga hidung yang menghubungkan dengan organ penglihatan dan meridian pusat pada vertex. Cabang dari organ penglihatan: titik menurun   dari   hati:   keluar   dari   hati   dan   melalui   diafragma   ke   dalam   dada. Menghubungkan dengan paru-paru, bersambung dengan meridian paru-paruHand - Taiyin.
 
Meridian ini memiliki 14 titik pada sisi kanan dan kiri dari Dadun (LR 1) sampai Qimen
 
(LR 14) Dadun (LR 1) Xingjian (LR 2) Taichong (LR 3) Zhongfeng (LR 4) Ligou (LR 5)
 
Zhongdu (LR 6) Xiguan (LR 7) Ququan (LR 8) Yinbao (LR 9) Zuwuli (LR 10) Yinlian
 
(LR 11) Jimai (LR 12) Zhangmen (LR 13) Qimen (LR 14).
Fungsi dari meridian ini: penyakit hati, penyakit kelamin, penyakit pada bagian luar alat kelamin dan gangguan kantong empedu, ginjal, hati, limpa dan paru-paru.
13. Titik meridian Du, DU.
Titik dimulai dari dalam pelvis dan menurun muncul dari perineum. Kemudian titik naik sepanjang rongga spinal bagian dalam dan melalui punggung leher masuk ke otak. Berlanjut sagital pada vertex dan dahi lalu melewati rongga hidung dan Shuigou (DU 26), yang terletak pada bibir atas. Berakhir pada frenulum bibir atas. Meridian ini memiliki 28 titik dari Chcmgqiang (DU 1) sampai Yinjiao (DU 28). Changqiang (DU 1) Yaoshu (DU 2) Yaoyangguan (DU 3) Mingmen (DU 4) Xuanshu(DU 5) Jizhong (DU 6) Zhongshu (DU 7) Jinsuo (DU 8) Zhiyang (DU 9) Lingtai (DU 10) Shendao (DU 11) Shenzhu (DU 12) Taodao (DU 13) Dazhui (DU 14) Yamen (DU 15) Fengfu (DU 16) Naohu (DU 17) Qiangjian (DU 18) Houdmg (DU 19) Baihui (DU 20) Qianding (DU 21) Xinhui (DU 22) Shangxing (DU 23) Shenting (DU 24) Suliao(DU25) Shuigou (DU26) Duiduan (DU27) Yinjiao (DU28).
Fuagsi meridian ini: pusing, stroke, penyakit febrile dan membutuhkan perawatan darurat.
14. Titik Meridian Ren, RN.
Bermula dari pelvis dan muncul dari perineum. Naik pada mons pubis dan garis tengah perut dan melalui dada sampai protuberance kerongkongan. Dari sana titik tiba pada bibir bawah dan menikung disekitar bibir lalu keatas pada daerah infraorbital. Meridian ini memiliki 24 titik dari Huiyin {RN 1) sampai Chengjiang(RN 24). Huiyin (RN 1) Qugu (RN 2) Zhongji (RN 3) Guanyuan (RN 4) Shimen (RN 5) Qihai (RN 6) Yinjiao (RN 7) Shenque (RN 8) Shuifen (RN 9) Xiawan (RN 10) Jianli (RN 11) Zhongwan (RN 12) Shangwan (RN 13) Juque (RN 14) Jiuwei (RN 15) Zhongting (RN 16) Damhong (RN 17) Yutang (RN 18) Zigong (RN 19) Huagai (RN 20) Xuanji (RN 21) Tiantu (RN22) Lianquan (RN 23) Chengjiang (RN 24).
Fungsi dari meridian ini: gangguan hati, ginjal, limpa, perut, jantung, paru-paru dan tenggorokan.
ALIRAN ENERGI DI JALUR MERIDIAN

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :