Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

Excellence with Morality

__Sertifikasi dan Prestasi__

    Standart ISO 9001:2008 Kepada Universitas Airlangga oleh British Certification International

_Berbagi tak pernah Rugi_

    Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

    ____Hakikat Manusia____

    .: Barang siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal TuhanNya. Seperti bahasan kita yaitu Awwal- uddin Ma'rifatullah adalah... :. more

    ∞ Akun Facebook & Twitter Kami ∞

..:: Selamat Buat para Pemenang lomba web & blog Mahasiswa Universitas Airlangga Tahun 2015; 1.Mei Budi Utami [FST'12] | 2.Mita Erna Wati [FK'12] | 3.Teguh Bagus Pribadi [FKH'12] | 4.M. Roihan Hanafi [FISIP'12] | 5.Ari Zulaicha [FISIP'12] | 6. Muziburrahman [FPK'14] | => Terimakasih atas kunjungan Anda, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya, by : Teguh Bagus Pribadi, http://teguhbaguspribadi-fkh12.web.unair.ac.id, dan Blog ini DIPERBAHARUI sebulan 4x karena kesibukan Perkuliahan ::..

TUGAS TERSTRUKTUR IPDV I Drh NUSDIANTO T.

diposting oleh teguhbaguspribadi-fkh12 pada 15 December 2015
di Materi Kuliah Semester 7 - 0 komentar

TUGAS TERSTRUKTUR IPDV I

 

Nama : Teguh bagus Pribadi

Nim : 061211133108

Kelas : D

 

 

 

Apa yang disebut dengan overshot jaw?

 Jawab:

Overshot Jaw merupakan kesalahan letak dari rahang (Jaw Malformation), yaitu gigi seri pada rahang atas melewati dan tidak menyentuh gigi seri rahang bawah. Antara gigi seri atas dan bawah terdapat rongga sehingga terlihat bagian atas monyong.

 

Jelaskan Erupsi pada anjing dan kucing serta waktu terjadinya!?

      Jawab:

Erupsi merupakan masa pertumbuhan atau pergantian gigi. Gigi yang sedang tumbuhatau akan tanggal pasti membuat kondisi yang kurang enak digusi bagi hewan. Seperti jika kita sedang gatal pada kulit maka kita akan menggaruk tetapi yang terjadi ketikasedang tumbuh gigi atau gigi akan tanggal tidak akan menghilangkan rasa sakitdengan mengunyah sesuatu tetapi akan bertambah sakit pada gusinya. Hewan akanmerasa resah sehingga akan terus mengunyah sesuatu.Pada semua anjing lahir tanpa gigi. Pertumbuhan gigi pertama mulai pada saatanjing berumur 2-3 minggu. Selanjutnya akan tumbuh gigi belakang atau geraham.Gigi geraham terakhir tumbuh pada umur 8 minggu. Ras anjing besar pertumbuhangiginya lebih cepat daripada ras kecil.

Pada umumnya anak anjing memiliki 28 buah gigi sementara, diantaranya adalah gigi depan, taring dan geraham. Anak anjing tidakmempunyai gigi geraham paling belakang. Gigi sementara akan tumbuh sampaisekitar 7 bulan. Pada umur 3 bulan gigi depan akan mulai berguguran dan digantikanoleh gigi dewasa. Gigi taring, geraham dan geraham paling belakang dimulai padaumur 4-7 bulan. Gigi dewasa normalnya akan lengkap pada umur sekitar 7-8 bulanan.Jumlah gigi dewasa biasanya 42, tergantung ras jenis apa, anjing Bulldog atau jenisyang mulutnya dan bermuka pendek atau pesek, biasanya tidak mempunyai gigigeraham yang paling belakang. Beberapa anjing mungkin bermutasi karena tidakadanya beberapa jumlah gigi, contohnya Doberman mungkin mempunyai gigisamping (geraham paling depan) lebih sedikit yang normal setnya 8. Kita juga bisa menemukan gigi anjing kita yang kelebihan jumlah giginya biasanya terjadi dengan  jenis  Spaniel  dan  Hound  (terutama Grey Hound), gigi extra  mungkin  padat, menyamping, atau tumbuh  didepan gigi normal, jika terjadi ini harus segera dicabut. Pada kucing Gigi susu mulai muncul ketika anak kucing berumur sekitar 4 minggu. Pada umur 6 minggu semua (26 buah) gigi susu sudah muncul. Antara umur 11 – 30 minggu gigi susu mulai lepas dan digantikan gigi permanen. Pada masa ini kadang-kadang anak kucing makan lebih sedikit karena ada rasa sakit di gusi. Semua gigi susu biasanya sudah digantikan oleh gigi permanen pada umur 6 bulan. Pada umur 7 bulan biasanya sudah lengkap semua gigi permanen sebanyak 30 buah.Susunan, bentuk, warna dan jenis gigi sering dipakai oleh dokter hewan untukmemperkirakan umur kucing.

 

 

Jelaskan struktur dan komposisi gigi tetap serta gigi pergantian (erupsi) pada gigi anjing!

      Jawab:

Pertumbuhan gigi pertama mulai pada saat anak anjing berumur 2-3 minggu. Selanjutnya akan tumbuh gigi belakang atau geraham. Gigi geraham terakhir tumbuh pada umur 8 minggu. Anak anjing memiliki 28 buah gigi sementara, diantaranya adalah gigi seri, taring dan geraham. Anak anjing tidak mempunyai gigi geraham paling belakang. Gigi sementara akan tumbuh sampai sekitar 7 bulan. Pada umur 3 bulan gigi depan akan mulai berguguran dan digantikan oleh gigi dewasa. Gigi taring, geraham dan geraham paling belakang dimulai pada umur 4 bulan sampai 7 bulan. Gigi dewasa normalnya akan lengkap pada umur sekitar 7-8 bulanan. Jumlah gigi dewasa biasanya 42, tergantung trah jenis apa, anjing Bulldog atau jenis yg mulutnya dan bermuka pendek atau pesek, biasanya tidak mempunyai gigi geraham yang paling belakang. Beberapa anjing mungkin bermutasi karena tidak adanya beberapa jumlah gigi, contohnya Doberman mungkin mempunyai gigi samping (geraham paling depan) lebih sedikit yang normal setnya 8. Anjing yang kelebihan jumlah gigi, biasanya terjadi pada jenis Spaniel dan Hound (terutama Grey Hound), gigi extra mungkin padat,menyamping, atau tumbuh didepan gigi normal, jika terjadi ini harus segera dicabut.

 

Jelaskan perbedaan regurgitasi dan muntah!

      Jawab:

Regurgitasi adalah keluarnya makanan melalui mulut, terjadi tanpa usaha atau tanpa adanya proses yang rumit dan tidak disertai tanda-tanda prodormal meski kadang disertai adanya hipersalivasi. Bahan yang dikeluarkan biasanya berupa bahan pakan yang belum terdigesti bercampur mukus atau saliva dan mempunyai pH normal, bahan pakan berupa bahan solid ataupun cair bila terjadi striktura pada esofagus, tercampur darah segar bila terjadi ulserasi, adanya rasa sakit saat menelan dan teraba adanya bolus di daerah esofagus. Waktu terjadinya biasanya segera setelah makan atau menelan. Bila terjadi agak lama setelah makan kemungkinan terjadi dilatasi esofagus atau divertikulum esofagus, sedangkan Vomit atau muntah adalah keluarnya makanan melalui mulut yang merupakan suatu proses reflek yang terkoordinasi kontraksi otot-otot abdominal, retroperistaltik dan refleks menutupnya glottis. Muntah akan disertai adanya tanda-tanda prodormal seperti nausea, unease, anoreksia, hipersalivasi, menelan dan retching. Vomitus atau bahan yang dimuntahkan biasanya mempunyai pH rendah (asam) karena bercampur asam lambung, berwarna hijau karena bercampur empedu, bahan pakan yang sudah tercerna sebagian, pakan yang sudah tercerna, bercak darah atau bercampur darah segar atau darah yang terdigesti.

 

 

 

 

 

Apa yang dimaksud Vomit Projektil? Sebutkan contohnya!

Jawab:

Vomit projektil adalah suatu kondisi tiba-tiba dan sesaat yang terjadi ketika sistempencernaan memutuskan segera harus membersihkan atau mengeluarkan isi perut dari dalamtubuh. Vomit projektil tidak hanya tak terduga dan tak terkendali, tetapi tidak mengejutkandan juga cukup nyaman.

Contoh Penyakit Vomit Projektil: IBD (Inflammatory Bowel Disease), Gastric Reflux, Food Allergy, Keracunan, Penyakit Neurologis.

 

Sebutkan dan jelaskan secara singkat beberapa penyakit dental, kelenjar saliva, rongga mulut, esofagus dan lambung!

Jawab:

A.  Penyakit Dental

             1.     Erupsi gigi

Yaitu adanya gigi sementara dan gigi permanen pada tempat dan waktu yang sama sehingga gigi sementara perlu dicabut. Tidak hanya menyebabkan gigi bertumpuk tetapi juga dapat menyebabkan makanan tertinggal, plak dan juga menyebabkan gigi permanent berada pada posisi abnormal.

          2.      Fraktur decidous teeth

Fraktur pada gigi sementara beresiko tinggi mengakibatkan abses periapical, sehingga dalam mencabut gigi harus dilaksanakan dengan hati-hati.

 

         3.       Penyakit Kelenjar Saliva dan Rongga Mulut

        1.   Stomatitis

Stomatitis merupakan inflamasi pada mukosa mulut. Stomatitis bisa terjadi akibat faktor lokal atau sistemik. Stomatitis lebih merupakan suatu gejala dibanding bentuk penyakit spesifik.

                    2.   Salivacy mucocele

Salivary mucocele dikenal juga dengan sebutan sublingual gland and diet injury. Salivary mucocele adalah pengumpulan mukus saliva yang disebabkan buntunya saluran saliva atau kerusakan jaringan saliva akibat inflamasi. Salivary mucocele ini dapat terjadi pada anjing dan kucing. Bangsa anjing yang sering menderita adalah AGJ dan Poodle (toy, miniatur). Tidak ada kecenderungan terhadap jenis kelamin dan masih belum ada laporan yang bersifat heriditer.

        3.    Periodontal

Penyakit ini disebabkan karena inflamasi gingival, pergerakan gigi, furcation involvement. Pada kucing , periodontal tidak lebih umum pada kucing ras murni daripada ras campuran tetapi jika periodontal menyerang kucing ras murni cenderung lebih parah.

                    4.   Craniomandibular osteopathy

Merupakan penyakit tidak umum, non-inflammatory, non-neoplastic proliferasi tulang yang menyerang anjing umur 3-6bulan. dilaporkan sering kejadian penyakit ini pada west Highland white Terriers dan Scottish terrier dan secara sporadis muncul pada ras lain. Anjing yang menderita penyakit ini biasanya menunjukkan kesakitan dalam membuka mulutnya. Gejala lain termasuk intermitent pyrexia, depresi, dan palpasi terasa mandibula yang membesar. Diagnosis penyakit ini dengan radiografi yang kemudian dilanjutkan dengan histopatology biopsi.

 

4.   Penyakit Esofagus

      1.   Megaesophagus

            Penyakit ini dikenal juga dengan achalasia, yaitu terjadinya dilatasi esophagus dan hipomotilitas. Gangguan tersebut dapat terjadi akibat gangguan primer atau sekunder. Gangguan sekunder bisa akibat dari obstruksi atau disfungsi neuromuskular.

Congenital idiopathic megaesophagus is menurun pada anjing Wire-haired fox terriers (simple autosomal recessive) dan Miniature schnauzers (simple autosomal dominant atau 60% penetrance autosomal recessive). Lebih sering terjadi pada anjing dibandingkan kucing. Familial predispossi terjadi pada German shepherd, Newfoundland, Great dane, Irish setter, Sharpei, Pug, Greyhound, and kucing Siamese. Congenital megaesophagus dengan gejala regurgitasi pertama kali tampak pada saat sapih. Sedangkan bentuk dapatan sering terjadi pada anjing muda hingga pertengahan umur.

               2.    Diverticulum esophagus

Suatu kondisi dimana esofagus mengalami ketidaknormalan anatomis, pembesaran atau dilatasi sehinga terjadi ruang tempat berkumpul atau akumulasi ingesta. Kondisi ini terbagi menjadi dua katagori bergantung penyebab. Pulsi divertikulum suatu divertikulum yang sesungguhnya yang berkaitan dengan tekanan intraluminal yang tinggi menyebabkan herniasi pada muskosa muskularis. Secara histologis sisa jaringan berupa epitelium dan jaringan ikat. Divertikulum traksi disebabkan tarikan dari luar pada jaringan ikat esofagus dan keempat lapisan penyusunnya (mukosa, submukosa, muskularis dan adventitia) masih tetap ada. Sebanyak 50-70% divertikulum (terutama pulsi) berkaitan dengan lesi yang lain dari esofagus atau diafragma. Kasus ini sering ditemukan pada anjing atau kucing, baik kongenital atau perolehan. Tidak ada predisposisi pada bangsa tertentu.

 

         Penyakit Lambung

             1.   Gastritis akut

Gastritis akut adalah inflamasi pada gaster atau lambung yang ditandai dengan vomit kurang dari 7 hari, dan tidak menunjukkan gejala-gejala yang lain. Penyakit ini dapat terjadi pada semua anjing dari segala umur. Hewan muda biasanya mengalami masalah karena mengingesti benda asing.

              2.   Gastritis kronis

Vomit intermiten lebih dari 1-2 minggu. Gastrik ulserasi atau erosi mungkin terjadi bergantung pada penyebab dan durasi. Anjing yang menderita umumnya berumur tua, breed kecil, dan kelamin jantan (Lhasa apso, Shih Tzu, Miniatur poodle)

              3.   Gastric Dilatation Volvulus

Gastric dilation dan volvulus syndrome (GDV) adalah suatu sindroma pada anjing dimana lambung mengalami distensi dan berputar atau melintir atau torsio sehingga menimbulkan perubahan patologi kompleks lokal atau sistemik dan perubahan fisiologis. Umumnya anjing tengah umur hingga tua yang sering menderita GDV. Sedangkan bangsa anjing yang sering menderita adalah anjing besar dengan postur dada lebar dan dalam seperti Herder, Great dane, Rottweiller, Labrador retriever, Alaskan malamute, Saint Bernard.

 

 

Download Filenya disini! (Versi Pdf)

Download Filenya disini! (Versi Word)


 

Semoga bermanfaat!

Semangat Sekripsinya Ya ^_^

====================================

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :