Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

Excellence with Morality

__Sertifikasi dan Prestasi__

    Standart ISO 9001:2008 Kepada Universitas Airlangga oleh British Certification International

_Berbagi tak pernah Rugi_

    Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

    ____Hakikat Manusia____

    .: Barang siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal TuhanNya. Seperti bahasan kita yaitu Awwal- uddin Ma'rifatullah adalah... :. more

    ∞ Akun Facebook & Twitter Kami ∞

..:: Selamat Buat para Pemenang lomba web & blog Mahasiswa Universitas Airlangga Tahun 2015; 1.Mei Budi Utami [FST'12] | 2.Mita Erna Wati [FK'12] | 3.Teguh Bagus Pribadi [FKH'12] | 4.M. Roihan Hanafi [FISIP'12] | 5.Ari Zulaicha [FISIP'12] | 6. Muziburrahman [FPK'14] | => Terimakasih atas kunjungan Anda, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya, by : Teguh Bagus Pribadi, http://teguhbaguspribadi-fkh12.web.unair.ac.id, dan Blog ini DIPERBAHARUI sebulan 4x karena kesibukan Perkuliahan ::..

Kontrasepsi

diposting oleh teguhbaguspribadi-fkh12 pada 04 November 2012
di About Vet. Medicine - 0 komentar

Pengontrolan Kelahiran

1. Penghentian kemungkinan kehamilan

a. Kastrasi

Yaitu pengangkatan gonad (testis atau ovarium) melalui operasi. Kastrasi sebelum pubertas menyebabkan seseorang kehilangan tanda-tanda sex sekundernya.

b. Sterilisasi

Sterilisasi dilakukan dengan:

- Pada pria mengikat/memotong saluran vas deferens dikenal dengan istilah vasektomi.Orang-orang yang telah melakukan vasektomi, sekresi hormon-hormon seks, produksi sperma dan potensi melakukan hubungan seksual tetap berjalan normal, hanya cairan ejakulasinya tidak mengandung sperma.

 

Gambar 1. Vasektomi

 

Pada wanita mengikat/memotong tuba fallopii dikenal dengan istilah tubektomi.

 

Gambar 2. Tubektomi

 

2. Kontrasepsi 

Kontrasepsi adalah suatu cara yang bertujuan mencegah terjadinya pembuahan sel telur oleh spermatozoid. Terdapat beberapa metode, antara lain:

a. Cara alamiah

Dengan cara tidak melakukan koitus pada masa subur wanita (hari 12 – 16 siklus haid). Cara ini dikenal dengan nama sistem kalender atau abstinensi. Sistem kalender dihubungkan dengan daur menstruasi.

 

Tabel Cara menunda kehamilan


b. Cara kimiawi

Mencegah pertemuan ovum dengan spermatozoa, dilakukan dengan memasukkan zat-zat kimiawi, misalnya : jelly, busa, tablet, cream, dll. Selain itu ada juga dengan cara meminum pil KB yang mengandung estrogen dan progesteron.

c. Cara mekanis

Cara ini meliputi pemakaian kondom pada pria dan diapragma pada wanita. Cara lainnya ialah IUD (Intra Uterum Device). IUD terbuat dari plastik atau metal, berbentuk T, Y, spiral, dsb. IUD diletakkan dalam rongga rahim untuk suatu jangka waktu dengan efek menghindarkan kehamilan.

 

Gambar 3. Kondom

 

 

 

 

Gambar 4. Diapragma

 

Gambar 5. IUD

 

Gambar 6. Spiral

 

ANIMASI

Pengontrolan Kelahiran

 

maaf gambar tidak bisa di tampilkan :)

 

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :