Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

Excellence with Morality

__Sertifikasi dan Prestasi__

    Standart ISO 9001:2008 Kepada Universitas Airlangga oleh British Certification International

_Berbagi tak pernah Rugi_

    Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

    ____Hakikat Manusia____

    .: Barang siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal TuhanNya. Seperti bahasan kita yaitu Awwal- uddin Ma'rifatullah adalah... :. more

    ∞ Akun Facebook & Twitter Kami ∞

..:: Selamat Buat para Pemenang lomba web & blog Mahasiswa Universitas Airlangga Tahun 2015; 1.Mei Budi Utami [FST'12] | 2.Mita Erna Wati [FK'12] | 3.Teguh Bagus Pribadi [FKH'12] | 4.M. Roihan Hanafi [FISIP'12] | 5.Ari Zulaicha [FISIP'12] | 6. Muziburrahman [FPK'14] | => Terimakasih atas kunjungan Anda, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya, by : Teguh Bagus Pribadi, http://teguhbaguspribadi-fkh12.web.unair.ac.id, dan Blog ini DIPERBAHARUI sebulan 4x karena kesibukan Perkuliahan ::..

MAZHAB ISLAM

diposting oleh teguhbaguspribadi-fkh12 pada 03 March 2013
di Belajar Agama ISLAM - 0 komentar

Mazhab Islam dalam pengertian adalah hukum yang didapat seseorang dengan jalan Ijtihat, Mazhab yang digunakan secara luas oleh umat islam dari kalangan suni (90% pemeluk islam di dunia) adalah; Mazhab hasil Mazhab Hanafi, Mazhab Maliki, Mazhab Syafi'i dan Mazhab Hambali. Sementara dari kalangan Syi'ah ( 10% pemeluk islam dunia). Mazhab Ja'fari, Mazhab Ismailiyah, Mazhab Zaidiyah.

Dari segi bahasa Mazhab yang berasal dari bahasa Arab adalah jalan yang dilalui dan dilewati, sesuatu yang menjadi tujuan seseorang baik konkrit maupun abstrak. Sesuatu dikatakan Mazhab bagi seseorang jika cara atau jalan tersebut menjadi ciri khasnya. Menurut para ulama dan ahli agama islam yang dikatakan Mazhab adalah metode (manhaj) yang dibentuk setelah melalui pemikiran dan penelitian, kemudian orang yang menjalaninya menjadikan pedoman yang jelas batasan-batasannya, bagian-bagiannya yang dibangun diatas prinsip-prinsip dan kaidah.

Walaupun Islam mengenal golongan Suni dan Syi'ah serta beberapa Mazhab, Bukan berarti terjadi perbedaan atau pertentangan mutlak dalam agama islam. Sebaliknya ini merupakan perbedaan melalui pendapat logika dan ide dalam memahami islam. Perkara pokok seperti tauhid dan aqidah masih sama dan tidak berubah, di mana seluruh umat islam mengakui Tuhannya adalah Allah SWT, Nabi/Rasul Nya adalah Muhammad SAW dan kitabnya Al-Qur'an.

Mazhab SUNI


Suni atau lebih dikenal dengan istilah Ahlul Sunnah Wal Jamaah. Pada Awalnya mempunyai banyak Mazhab,sampai akhirnya tinggal hanya empat Mazhab yang paling terkenal yang diikuti oleh islam suni. Keempat Mazhab ini menurut keyakinan islam suni ;valid untuk diikuti. Perbedaan setiap Mazhab tidak bersifat fundamental.

1.Mazhab Hanafi

Pengikut banyak di Pakistan, India, Banglades,Srilanglka, Maladewa, Mesir bagian utara, sebahagian Irak , Syiria, lebanon dan palestina.

2.Mazhab Maliki.

Pengikut banyak terdapat di Afrika Barat.

3.Mazhab syafi'i

Didirikan oleh Imam Syafi'
Pengikut : Indonesia, Turki, Irak, Syiria, Iran, Mesir, Somalia, Yaman, Thailand, Singapura, Filipina, Srilangka, dan menjadi Mazhab resmi di Malaysia dan Brunei.

4.Mazhab Hambali

Didirikan oleh para murid-murid Imam Ahmad bin Hambal.
Pengikut dominan di semenanjung arab. Mazhab ini merupakan Mazhab yang di anut di Arab Saudi.


Mazhab Syia'ah


Syiah atau lebih dikenal dengan Syiah Ali in Thalib. Pada awalnya juga mempunyai banyak Mazhab. Namun akhirnya hanya tiga Mazhab yang terkenal pad saat ini. yaitu Paham Mazhab Itsna ( imam dua belas) Asyariah ( paling banyak diikuti), Mazhab Ismiliyah, Mazhab Zaidiyah. Dalam keyakinan kaum Syi'ah Ali Bin Abi Thalib dan keturunannya adalah orang yang paling berhak untuk memimpin dan memegang tampuk kepemimpinan sebagai Khalifah dan Imam bagi umat Muslim.Diantara ketiga Mazhab Syi'ah terdapat perbedaan dalam hal siapa yang menjadi imam dan pengganti para imam saat ini.

Mazhab Itsna Asyariah/Ja'fari

Dinamakan Mazhab Imamiah dan Mazhab dua belas imam, Dinamakan Mazhab ini karena mereka percaya yang berhak memimpin umat islam adalah imam dan mereka percaya ada dua belas imam.

Urutan mereka Adalah:

1. Ali Bin Abi Thalib.
2. Hasan Bin Ali .
3. Husin Bin Ali.
4. Ali Bin Husain.
5. Muhammad Bin Ali.
6. Jafar Bin Muhammad.
7. Musa Bin Jafar.
8. Ali Bin Musa.
9. Muhammad Bin Ali.
10.Ali Bin Muhammad.
11.Hasan Bin Ali.
12.Muhammad Bin Hasan.
Mazhab ini merupakan mazhab resmi Republik Islam Iran.

Mazhab Ismailiyah

Dinamakan juga dengan Mazhab imam tujuh karena mereka percaya hanya tujuh orang dari Ali Bin Abi Thalib  yang berhak menjadi imam umat muslim, dan mereka percaya Ismail lah yamg menjadi imam ke tujuh.
Urutan mereka adalah:
1. Ali Bin Abi Thalib.
2. Hasan Bin Ali .
3. Husin Bin Ali.
4. Ali Bin Husain.
5. Muhammad Bin Ali.
6. Jafar Bin Muhammad.
7. Ismail Bin Jafar.

Mazhab Zaidiyah 

Dinamakan juga Mazhab hasil Mazhab imam lima karena mereka percaya hanya lima imam inilah yang berhak memimpin umat islam. Mazhab hasil Mazhab ini dipandang sebagai Mazhab hasil mazhab moderat karena mereka mengakui tiga imam sebelum Ali Bin Abi Thalib.

Urutan mereka adalah:

1. Ali Bin Abi Thalib.
2. Hasan Bin Ali .
3. Husin Bin Ali.
4. Ali Bin Husain.
5. Zaid Bin Ali.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :