Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

Excellence with Morality

__Sertifikasi dan Prestasi__

    Standart ISO 9001:2008 Kepada Universitas Airlangga oleh British Certification International

_Berbagi tak pernah Rugi_

    Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

    Siapakah SejatiNya Engkau?

    .: Barang siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal TuhanNya. Seperti bahasan kita yaitu Awwal- uddin Ma'rifatullah adalah... :. more

    facebook & twitter

DMCA.com Protection Status
..:: Selamat Buat para Pemenang lomba web & blog Mahasiswa Universitas Airlangga Tahun 2014; 1.Muhammad Alhada Fuad [FISIP'11] | 2.Muhammad Fatkhullah [FISIP'11] | 3.Teguh Bagus Pribadi [FKH'12] | 4.Mei Budi Utami [FST'12] | 5.Leo Agung Kurniawan [FISIP'12]| 6. Lutfi Adi Nugroho [FPK'11] | => Terimakasih atas kunjungan Anda, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya, by : Teguh Bagus Pribadi, http://teguhbaguspribadi-fkh12.web.unair.ac.id, dan Blog ini DIPERBAHARUI sebulan 4x karena kesibukan Perkuliahan ::..

Proses Penghantaran Impuls saraf

diposting oleh teguhbaguspribadi-fkh12 pada 06 April 2013
di Materi Kuliah Semester 2 - 2 komentar

Proses Penghantaran Impuls – Agar impuls dapat disampaikan ke pusat sistem saraf dan efektor, sel-sel saraf akan saling berhubungan melalui sinapsis. Arah perambatan impuls pada sinapsis hanya terjadi dalam satu arah. Sinapsis dapat terjadi antarneuron, antara neuron dan sel otot (neuromuscular), serta antara neuron dan kelenjar (neuroglandular). Mekanisme penghantaran impuls melalui sinapsis sangat khas. Di antara hubungan antarneuron terdapat sebuah celah sempit yang disebut celah sinapsis. Melalui celah sinapsis inilah impuls dihantarkan dari satu neuron ke neuron lainnya melalui sebuah perantara yang disebut neurotransmiter. Neurotransmiter merupakan sinyal dalam bentuk cairan senyawa kimia. Beberapa contoh neurotransmiter antara lain asetilkolin, serotonin, noradrenalin, dopamin, dan asam aspartat.

Ujung sinapsis membentuk tonjolan yang disebut tonjolan sinapsis (synaptic bulb). Neuron yang merupakan tempat datangnya impuls disebut neuron prasinapsis. Adapun neuron atau sel lain yang menerima impuls disebut neuron postsinapsis. Seperti halnya sel-sel lain, neuron memiliki membran sel yang selektif permeabel. Masih ingatkah Anda yang dimaksud dengan selektif permeabel? Sifat membran yang selektif permeabel ini mengakibatkan perbedaaan konsentrasi ion di dalam membran dan di luar membran. Pada saat tidak ada rangsangan (neuron istirahat), terdapat lebih banyak ion bermuatan positif di luar membran sel. Adapun di dalam membran sel memiliki banyak ion bermuatan negatif. Keadaan ketika neuron beristirahat tersebut dinamakan potensial istirahat (polarisasi).

Apabila neuron menerima rangsangan, permeabilitas membran akan berubah. Beberapa ion positif akan masuk ke dalam sel. Akibatnya, polaritas membran akan berubah sehingga lebih banyak ion positif di dalam sel dan banyak ion negatif di luar sel. Peristiwa tersebut merupakan awal terjadinya perjalanan impuls (rangsang) sepanjang neuron. Perubahan polaritas pada membran sel disebut juga potensial aksi. Apabila impuls telah lewat, membran sel neuron akan kembali ke keadaan semula.

Bagaimanakah proses pelepasan neurotransmiter oleh tonjolan sinapsis? Ketika potensial aksi datang di ujung sinapsis (tonjolan sinapsis), potensial aksi tersebut akan memicu gelembung sinapsis yang berisi neurotransmiter untuk menempel pada membran sel. Pada saat gelembung sinapsis bersatu dengan membran, neurotransmiter akan dilepaskan ke celah sinapsis. Proses pelepasan neurotransmiter dilakukan dengan proses eksositosis.

Neurotransmiter yang dilepaskan oleh sinapsis, akan melekat pada molekul reseptor yang berada pada membran sel target. Pelekatan neurotransmiter pada reseptor akan membuka lubang ion pada membran sel target. Akibatnya, ion-ion akan masuk ke sel target dan memicu untuk terjadinya potensial aksi yang selanjutnya. Neurotransmiter yang melekat pada reseptor akan dipecah oleh enzim atau akan dikembalikan ke sel pengirimnya. Pelepasan neurotransmiter menyebabkan lubang ion menutup.

2 Komentar

Athnes Novianty

pada : 07 June 2013


"makasih ya udh bantu aku dgn materi diatas, izin copy ya :)"


Admin T.B.

pada : 07 June 2013


"Iya sama-sama, semoga bermanfaat :)"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :