Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

Excellence with Morality

__Sertifikasi dan Prestasi__

    Standart ISO 9001:2008 Kepada Universitas Airlangga oleh British Certification International

_Berbagi tak pernah Rugi_

    Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

    ____Hakikat Manusia____

    .: Barang siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal TuhanNya. Seperti bahasan kita yaitu Awwal- uddin Ma'rifatullah adalah... :. more

    ∞ Akun Facebook & Twitter Kami ∞

..:: Selamat Buat para Pemenang lomba web & blog Mahasiswa Universitas Airlangga Tahun 2015; 1.Mei Budi Utami [FST'12] | 2.Mita Erna Wati [FK'12] | 3.Teguh Bagus Pribadi [FKH'12] | 4.M. Roihan Hanafi [FISIP'12] | 5.Ari Zulaicha [FISIP'12] | 6. Muziburrahman [FPK'14] | => Terimakasih atas kunjungan Anda, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya, by : Teguh Bagus Pribadi, http://teguhbaguspribadi-fkh12.web.unair.ac.id, dan Blog ini DIPERBAHARUI sebulan 4x karena kesibukan Perkuliahan ::..

Kewajiban Mencari Ilmu Ushuluddin, Fiqih dan Tasawuf

diposting oleh teguhbaguspribadi-fkh12 pada 16 April 2013
di Belajar Ilmu Tasawuf - 0 komentar

Kewajiban Mencari Ilmu Ushuluddin, Fiqih dan Tasawuf

MASALAH KE DUAPULUH DELAPAN
KEWAJIBAN MENCARI ILMU USHUL, FIQIH & TASAWUF

TANBIHUN! Hendaknya janganlah berhenti hanya berbicara tentang hukum orang menyembelih halal dan haram, tetapi wajib segera diketahui masalah-masalah lahir bathin, halal dan haram hukum syariat, ilmu Ushuluddin, Fiqih dan Tasawuf yang sudah ada dalam ilmu syara’ yang tertulis dalam Nadhoman tarjamah .”

Wajib ‘ain atas setiap orang mukalaf menghias dhahir dan bathin dirinya dengan ilmu agama seperti kata ulama dalam bait syair:

فزين الظاهر والبواطن . بكل علم ظاهر وباطن.

“Maka hiasilah dirimu pada prilaku lahir dan perilaku bathin dengan tiap ilmu dhahir dan ilmu bathin.”

 

Kitab-Kitab Ushuluddin, Fiqih dan Tasawuf

Ilmu dhahir ialah ilmu Fiqih, yaitu ilmu untuk mengetahui hukum dalam sahnya ibadah (dan mualamah). Ilmu fiqih digunakan untuk menghiasi  badan lahiriyah. Dan ilmu bathin, Ushuliddin bicara sah iman dan I’tiqad (Ahlis Sunnah). Dan ilmu Tasawuf bicara thariqat (jalan) kepada Allah dengan ikhlas. Ketiga ilmu tersebut wajib di tuntut dan diamalkan segera. Hendaknya luaskanlah  pengetahuan syariat ilmu tiga perkara. Lihat lah dalam kitab nadzam Husnul Mithalab (Husnul Mathalib) 12 koras (240 halaman) atau Ri’ayatal Himmah 25 koras (500 hala-man), nadzam Asnal Miqashad (Asnal Maqashid) 30 koras (600 halaman) dan Abyanal Hawaij 82 koras (1640 halaman) dan apabila akan melihat dalam bab Nikah, maka lihatlah dalam nadzam Tabjinal Islah II koras (220 halaman), terdiri dari dua Bab dan 20 Pashal. Kalau akan mengetahui dalam muamalah Bai’ dan lainnya yang relevan, lihatlah dalam nadzam Tasyrihatal Muhtaj 10 koras (200 halaman) 26 Fashal. Setelah itu jika ingin mengetahui ilmu sya-riat Tajwidal Qur’an, maka lihatlah nadzam Tahsinah, 5 koras (100 halaman) dan 10 Fashal.”

Oleh: KH. Ahmad Syadzirin Amin

Sumber: Kitab Tadzkiyah, Syaikh Ahmad Rifa’i

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :