Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

Excellence with Morality

__Sertifikasi dan Prestasi__

    Standart ISO 9001:2008 Kepada Universitas Airlangga oleh British Certification International

_Berbagi tak pernah Rugi_

    Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

    ____Hakikat Manusia____

    .: Barang siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal TuhanNya. Seperti bahasan kita yaitu Awwal- uddin Ma'rifatullah adalah... :. more

    ∞ Akun Facebook & Twitter Kami ∞

..:: Selamat Buat para Pemenang lomba web & blog Mahasiswa Universitas Airlangga Tahun 2015; 1.Mei Budi Utami [FST'12] | 2.Mita Erna Wati [FK'12] | 3.Teguh Bagus Pribadi [FKH'12] | 4.M. Roihan Hanafi [FISIP'12] | 5.Ari Zulaicha [FISIP'12] | 6. Muziburrahman [FPK'14] | => Terimakasih atas kunjungan Anda, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya, by : Teguh Bagus Pribadi, http://teguhbaguspribadi-fkh12.web.unair.ac.id, dan Blog ini DIPERBAHARUI sebulan 4x karena kesibukan Perkuliahan ::..

Rahasia Manfaat Rumput Laut (Seaweed) yang Anda Perlu Ketahui

diposting oleh teguhbaguspribadi-fkh12 pada 27 December 2013
di About Vet. Medicine - 0 komentar

Pernahkah anda makan sushi roll? Sushi yang digulung dan bagian luarnya diselimuti oleh nori.
Atau anda pernah memakan makanan di atas?

Yapp.. Sekarang ini sudah banyak inovasi makanan yang berbahan dasar rumput laut. Mulai dari yang dikeringkan untuk membungkus sushi, onigiri, makanan ringan, hingga yang masih fresh untuk soup dan salad. Rumput laut juga digunakan sebagai salah satu bahan mentah dalam pembuatan agar-agar. 
Istilah rumput laut sebenarnya sangatlah luas. Algae yang bewarna merah, coklat, dan hijau merupakan anggota dari rumput laut. Yang perlu diingat adalah rumput laut bukanlah termasuk tumbuhan. Kenapa? Karena rumput laut tidak memiliki daun, batang dan akar dalam proses pertumbuhannya.
Picture
Di Asia, algae jenis Porphyra banyak digunakan untuk makanan. Porphyra termasuk algae yang bewarna merah. Tentu saja yang sudah dikeringkan. Beberapa negara di Asia yang banyak menggunakan algae merah ini adalah Jepang (Nori 海苔), China (Zicai 紫菜), dan Korea (Gim 김). sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Seaweed

Rumput laut merupakan suatu hidrokoloid, yang sifatnya antara lain mampu membentuk suatu gel yang kompak. Hidrokoloid merupakan suatu bahan tambahan pangan yang sudah secara luas digunakan pada industri makanan.

Alginat, agar and karagenan diekstrak dari rumput laut dan ditambahkan pada makanan sebagai penstabil, pemantap, pengemulsi, pengental, sebagai filler, dan fungsi yang paling utama sebagai pembentuk gel.

Aplikasi yang paling banyak digunakan adalah pada industri pembuatam agar-agar.
(Brownlee, et al., 2012)

Penelitian oleh Wada, et al, 2011 menyimpulkan bahwa semakin banyak konsumsu rumput laut, maka tekanan darah dari anak laki-laki dan perempuan menjadi menurun. Rumput laut dapat menurunkan tekanan darah, hal tersebut sangatlah bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi.

Rumput laut banyak mengandung asam lemak tak jenuh (74%). Asam lemak tak jenuh sangat baik untuk kesehatan jantung karena akan dapat menaikan kadar HDL (kolesterol baik), dan menekan kadar LDL (kolesterol jahat) di dalam darah (Norziah, dan Ching Y. C., 1999).

Tingginya mineral kalsium, dan zat besi dalam rumput laut juga sangat menguntungkan. Calcium dibutuhkan untuk kekuatan/kekokohan tolang dan gigi. Kalsium akan membentuk senyawa hydroxyapatite yang membentuk sebagian besar tulang. Manfaat lainnya dari kalsium adalah membantu kontraksi otot, dan berperan dalam fungsi sistem saraf.

Zat besi yang ada pada rumput laut termasuk zat besi non-heme. zat besi non-heme (dari bahan nabati) relatif sulit diserap oleh tubuh. Padahal zat besi dibutuhkan tubuh sebagai salah satu bahan pembentuk sel darah merah. Bila tubuh kekurangan sel darah merah, maka tubuh akan merasa cepat lelah, pusing, dan lain-lain karena fungsi sel darah merah adalah mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Tapi tenang saja, karena ada penelitian yang dilakukan bahwa vitamin C dapat meningkatkan absorpsi dengan cara mereduksi logam Fe sehingga lebih mudah diserap.

Rumput laut mengandung banyak serat. Mari Mengenal Manfaat Serat (Dietary Fiber)

Ingin mendapatkan manfaat yang menyehatkan dari rumput laut? Ayo mulai tambahkan rumput laut pada menu makan anda.


(JKMM)


Sumber:

Brownlee, L., Fairclough, A., Hall, A., dan Paxman, J. 2012. The potential health benefits of seaweed and seaweed
extract
. Seaweed : ecology, nutrient composition and medicinal uses. Marine Biology : Earth Sciences in the 21st Century . Hauppauge, New York, Nova Science Publishers , 119-136


Keiko Wada, K., Nakamura, K., Tamai, Y., Tsuji, M., Sahashi, Y., Watanabe, K., Ohtsuchi, K.,Yamamoto, K., Ando, K., dan Nagata, C. 2011. Seaweed intake and blood pressure levels in healthy pre-school Japanese children. Nutrition Journal 2011, 10:83 doi:10.1186/1475-2891-10-83


Norziah, M.H., Ching Y. C. 1999. Nutritional composition of edible seaweed Gracilaria changgi. Food Chemistry 68 (2000) 69±76


Source

<<<<<<<<<<<<<<<<<>>>>>>>>>>>>>>>>>

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :