Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

Excellence with Morality

__Sertifikasi dan Prestasi__

    Standart ISO 9001:2008 Kepada Universitas Airlangga oleh British Certification International

_Berbagi tak pernah Rugi_

    Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

    ____Hakikat Manusia____

    .: Barang siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal TuhanNya. Seperti bahasan kita yaitu Awwal- uddin Ma'rifatullah adalah... :. more

    ∞ Akun Facebook & Twitter Kami ∞

..:: Selamat Buat para Pemenang lomba web & blog Mahasiswa Universitas Airlangga Tahun 2015; 1.Mei Budi Utami [FST'12] | 2.Mita Erna Wati [FK'12] | 3.Teguh Bagus Pribadi [FKH'12] | 4.M. Roihan Hanafi [FISIP'12] | 5.Ari Zulaicha [FISIP'12] | 6. Muziburrahman [FPK'14] | => Terimakasih atas kunjungan Anda, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya, by : Teguh Bagus Pribadi, http://teguhbaguspribadi-fkh12.web.unair.ac.id, dan Blog ini DIPERBAHARUI sebulan 4x karena kesibukan Perkuliahan ::..

pengenalan Epidemiologi veteriner

diposting oleh teguhbaguspribadi-fkh12 pada 28 December 2013
di Materi Kuliah Semester 4 - 0 komentar

Definisi dari Epidemiologi adalah Studi tentang pola penyakit dalam suatu populasi bertujuan untuk menentukan strategi pencegahan dan pengendalian penyakit
Epidemiologi adalah disiplin ilmu yang integratif dan beragam berdasarkan urutan logika/penalaran

Bila membicarakan tentang epidemiologi, maka kita membicarakan tentang suatu cara pencegahan terhadap terjadinya suatu kejadian penyakit, berdasarkan studi menyeluruh dari proses terjadinya wabah penyakit.
Epidemiologi Veteriner berkaitan dengan penyakit dalam suatu populasi hewan.

Epidemiology is the study of disease in populations and of factors that determine its occurrence; the key word being populations. Veterinary epidemiology additionally includes investigation and assessment of other health-related events, notably productiv­ity. All of these investigations involve observing animal populations and making inferences from the observations.

Ada 5 tujuan dari ilmu epidemiologi, yaitu:
1. determination of the origin of a disease whose cause is known; Mempelajari kejadian suatu penyakit yang penyebabnya atau kausanya sudah diketahui
2. investigation and control of a disease whose cause is either unknown or poorly understood; melakukan investigasi dan kontrol suatu penyakit dimana penyebabnya tidak diketahui atau sangat sedikit dipahami.
3. acquisition of information on the ecology and natural history of a disease; Untuk memperoleh informasi mengenai ekologi dan sejarah alami dari suatu penyakit.
4. planning, monitoring and assessment of disease control programmes; Merencanakan, memonitor dan melakukan pengujian dari program pengendalian penyakit
5. assessment of the economic effects of a disease, and analysis of the costs and economic benefits of alternative control programmes. Melakukan penilaian dampak ekonomis dari suatu penyakit, dan melakukan analisa biaya dan keuntungan ekonomis dari suatu program pengendalian penyakit.



Pendakatan dalam mempelajari epidemiologi adalah dengan cara Monitoring dan Surveillace, dimana membutuhkan kemampuan dan ketelitian dalam melakukan pengambilan data-data di lapangan, kemampuan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait, kemampuan untuk menganalisa data dan mengambil kesimpulan.

Manfaat dari pengetahuan epidemiologi lapangan antara lain dalam
Penentuan arah kerja di masa yang datang
Dukungan dalam proses pengambilan keputusan
Berdampak langsung pada kualitas dan keberhasilan upaya penanggulangan penyakit

Oleh karena itu, profesi dokter hewan mempunyai peranan penting dalam program pengendalian penyakit dan pencegahan wabah dalam populasi.
Berikut ini adalah karakter yang harus dimiliki seorang epidemiolog:

Harus memiliki pemikiran yang cermat
Memiliki sifat ingin tahu, mengidentifikasi masalah yang berpotensi
Harus sabar dan punya pemikiran yang terbuka dalam pendekatannya
Bersedia mendengarkan dan punya pemikiran yang kreatif
Harus memiliki pemikiran yang cermat
Memiliki sifat ingin tahu, mengidentifikasi masalah yang berpotensi
Harus sabar dan punya pemikiran yang terbuka dalam pendekatannya
Bersedia mendengarkan dan punya pemikiran yang kreatif.

source

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :