Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

Excellence with Morality

__Sertifikasi dan Prestasi__

    Standart ISO 9001:2008 Kepada Universitas Airlangga oleh British Certification International

_Berbagi tak pernah Rugi_

    Teguh Bagus of Veterinary Medicine site v.2

    ____Hakikat Manusia____

    .: Barang siapa mengenal dirinya, maka ia akan mengenal TuhanNya. Seperti bahasan kita yaitu Awwal- uddin Ma'rifatullah adalah... :. more

    ∞ Akun Facebook & Twitter Kami ∞

..:: Selamat Buat para Pemenang lomba web & blog Mahasiswa Universitas Airlangga Tahun 2015; 1.Mei Budi Utami [FST'12] | 2.Mita Erna Wati [FK'12] | 3.Teguh Bagus Pribadi [FKH'12] | 4.M. Roihan Hanafi [FISIP'12] | 5.Ari Zulaicha [FISIP'12] | 6. Muziburrahman [FPK'14] | => Terimakasih atas kunjungan Anda, jangan lupa kalau mau copy/paste harap cantumkan sumbernya, by : Teguh Bagus Pribadi, http://teguhbaguspribadi-fkh12.web.unair.ac.id, dan Blog ini DIPERBAHARUI sebulan 4x karena kesibukan Perkuliahan ::..

Download Materi Bahan Presentasi Asistensi Praktikum Higiene makanan PKH UB

diposting oleh teguhbaguspribadi-fkh12 pada 28 December 2013
di Materi Kuliah Semester 5 - 0 komentar

Praktikum higiene makanan meliputi pemeriksaan susu, daging dan telur. pemeriksaan keamanan bahan pangan asal hewan ini penting artinya untuk menjaga keamanan produk pangan asal hewan yang beredar di masyarakat.

Dibawah ini adalah definisi dari beberapa bahan pangan asal hewan:
Susu
Susu adalah hasil pemerahan dari ternak sapi perah atau dari ternak menyusui lainnya yang diperah secara kontinyu dan komponen-komponennya tidak dikurangi dan tidak ditambahkan bahan-bahan lain. Susu segar merupakan cairan yang berasal dari kambing sapi sehat dan bersih yang diperoleh dengan cara pemerahan yang benar yang kandungan alaminya tidak dikurangi atau ditambah sesuatu apapun dan belum mendapat perlakuan apapun. Secara fisiologis, susu merupakan sekresi kelenjar ambing sebagai makanan dan proteksi imunologis bagi bayi mamalia.
Pemeriksaan Susu adalah suatu tindakan teknis untuk mengetahui dan menentukan kualitas susu sebagai bahan makanan yang sehat bagi konsumen
Daging
Daging sebagai bahan pangan yang dapat menambah dalam pemenuhan gizi juga perlu adanya keamanan mengkonsumsi. Banyaknya isu seperti pemalsuan daging sapi yang disamarkan dengan daging celeng menyebabkan perlunya kita untuk mempelajari macam-macam daging.
Tujuan Pemeriksaan Daging adalah:
1. Melindungi masyarakat dari penyakit yang disebabkan oleh makan daging yang tidak sehat.
2. Mencegah pemalsuan daging.
3. Mencegah konsumen membeli daging yang inferior.
4. Melindungi ternak dari penyakit.
Pemeriksaan Telur
Kualitas telur secara keseluruhan ditentukan oleh kualitas isi dan kulit telur. Oleh karena itu, penentuan kualitas telur dilakukan pada kedua bagian telur tersebut. Kualitas telur sebelum keluar dari organ reproduksi ayam dipengaruhi factor: kelas, strain, family dan individu; pakan, penyakit, umur dan suhu lingkungan. Kualitas telur sesudah keluar dari organ reproduksi dipengaruhi oleh penanganan telur dan penyimpanan (lama, suhu, dan bau penyimpanan) (Sudaryani, 2003).
Praktikum Higiene makanan dilaksanakan di semester 4 Program Studi Kedokteran Hewan UB, bertujuan supaya mahasiswa mampu melakukan pemeriksaan dan analisa pada bahan pangan asal hewan
Presentasi asistensi praktikum higiene makanan bisa di download di link ini.

Praktikum higiene makanan

source

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :